Fun for Future

MAKE YOUR DREAMS COME TRUE

Nikmatnya and Bahayanya KOPI

Posted by van on January 6, 2009

Kopi merupakan minuman favorit, temen buat ngblog and kerja namun buat yang hipertensi kopi menjadi suatu larangan yang menyakitkan buat mereka pecinta kopi.

Kalo kita runut, and untuk sedikit pengetahuan umum. Kopi adalah sejenis minuman, biasanya dihidangkan panas, dan dipersiapkan dari biji dari tanaman kopi yang dipanggang. Saat ini kopi merupakan komoditas nomor dua yang paling banyak diperdagangkan setelah minyak bumi. Total 6,7 juta ton kopi diproduksi dalam kurun waktu 1998-2000 saja. Diperkirakan pada tahun 2010, produksi kopi dunia akan mencapai 7 juta ton per tahun. Kopi merupakan sumber utama kafein.

Apa sih kafein?
Kafein ialah senyawa kimia yang dijumpai secara alami di dalam makanan contohya biji kopi, teh, biji kelapa, buah kola (Cola nitida), guarana, dan maté. Ia terkenal dengan rasanya yang pahit dan berlaku sebagai perangsang sistem saraf pusat, jantung, dan pernafasan. Kafein juga bersifat diuretik (dapat dikeluarkan melalui air kencing).

Kafein mengurung reseptor adenosin di otak. Adenosin ialah senyawa nukleotida yang berfungsi mengurangi aktivitas sel saraf saat tertambat pada sel tersebut. Seperti adenosin, molekul kafein juga tertambat pada reseptor yang sama, tetapi akibatnya berbeda. Kafein tidak akan memperlambat aktivitas sel saraf/otak sebaliknya menghalang adesonin untuk berfungsi. Dampaknya aktivitas otak meningkat dan mengakibatkan hormon epinefrin dirembes. Hormon tersebut akan menaikkan detak jantung, meninggikan tekanan darah, menambah penyaluran darah ke otot-otot, mengurangi penyaluran darah ke kulit dan organ dalam, dan mengeluarkan glukosa dari hati. Tambahan, kafein juga menaikkan permukaan neurotransmitter dopamine di otak.

Kafein dapat dikeluarkan dari otak dengan cepat, tidak seperti alkohol atau perangsang sistem saraf pusat yang lain. Tambahan lagi, kafein tidak mengganggu fungsi mental tinggi dan tumpuan otak. Pengambilan kafein secara berkelanjutan akan menyebabkan badan menjadi toleran dengan kehadiran kafein. Oleh itu, jika pengambilan kafein diberhentikan (proses ini dinamakan “penarikan” atau “tarikan”), badan menjadi terlalu sensitif terhadap adenosin menyebabkan tekanan darah turun secara mendadak yang seterusnya mengakibatkan sakit kepala dan sebagainya. Kajian terbaru menyebutkan kafeina dapat mengurangi risiko penyakit Parkinson, tetapi hal itu masih belum memerlukan kajian mendalam.

Terlalu banyak kafein dapat menyebabkan intoksikasi kafein (yaitu mabuk akibat kafein). Antara gejala penyakit ini ialah keresahan, kerisauan, insomnia, keriangan, muka merah, kerap kencing (diuresis), dan masalah gastrointestial. Gejala-gejala ini bisa terjadi walaupun hanya 250 mg kafein yang diambil. Jika lebih 1 g kafeina diambil dalam satu hari, gejala seperti kejangan otot (muscle twitching), kekusutan pikiran dan perkataan, aritmia kardium (gangguan pada denyutan jantung) dan bergejolaknya psikomotor (psychomotor agitation) bisa terjadi. Intoksikasi kafein juga bisa mengakibatkan kepanikan dan penyakit kerisauan.

Walaupun masih aman bagi manusia, kafein, teofilin, dan teobromin lebih beracun bagi sebagian hewan seperti kucing dan anjing karena perbedaan dari segi metabolisme hati.

Nah Untuk mereka yang doyan kopi, ada beberapa tips untuk mencegah kita masuk kedalam golongan orang-orang yang dilarang minum kopi:
1. Dosis
Memang belum ada ukuran yang pasti untuk dosis yang dianjurkan (kayak Obat aja), dari salah satu sumber (temen bloger juga) katanya menum kopi 1-3 cangkir sehari atau sekitar 300 mg caffeine tidak memberikan efek negative pada kebanyakan orang sehat (inget ORANG SEHAT) kalo buat para hipertensi kudu ati-ati juga.

2. Sinyal-sinyal bahaya
Saat minum kopi pastinya kita ngerasa nikmat, enjoy and asik bener tapi kita jangan samapi terlarut dengan hal itu. kita harus tau sinyal apa yang menunjukkan kita harus berhenti minum kopi, misalnya:elisah, jantung berdebar, gangguan tidur dan gangguan mood (mis: cepat marah). Gejala-Gejala itu biasanya karena kita kebanyakan konsumsi kafein tadi.

3. Kenali Respon tubuh kita
Tiap Orang pasti punya respon yang beda terhadap kopi,Kebanyakan orang dapat mengkonsumsi 2 cangkir kopi sehari tanpa masalah. Namun ada pula yang mengalami efek buruknya dengan jumlah konsumsi kopi yang sama. Ada yang bercerita setelah minum secangkir kopi menjadi tak dapat tidur sepanjang malam, sebaliknya ada yang tertidur pulas setelah minum kopi. So, cara terbaik adalah dengarkan respon tubuh sendiri

4. Kenali Kandungan kafein
Seperti yang dah saya tulis sebelum ini… kita tau nih kandungan and bahayanya kafein buat tubuh manusia so walau kita sehat-sehat aja tapi kita juga harus hati-hati

5. Check Up
Lakukan pemeriksaan berkala terhadap kesehatan, dalam hal ini adalah ukuran tekanan darah. Semakin dini hipertensi diketahui, akan semakin baik untuk penatalaksanaan selanjutnya

Sooooo moga ini bisa jadi masukan and pertimbangan buat kita ok… semoga bermanfaat

Advertisements

2 Responses to “Nikmatnya and Bahayanya KOPI”

  1. Thanks,uraian sobat jelas dan memuaskan,kalau ada info lain berbagi dengan kami,oke !

  2. Cara Sehat Meninggikan Badan…

    […]Nikmatnya and Bahayanya KOPI « Fun for Future[…]…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: