Fun for Future

MAKE YOUR DREAMS COME TRUE

Makanan Berserat

Posted by van on June 10, 2010

Bagaimana caranya menjaga kesahatan tubuh kita? Pertanyaan yang hampir setiap orang mengtahuinya. Jelas dengan kita berolah raga dan makan-makanan bergizi. Namun apa setiap orang tau pentingnya makanan yang kita asup setiap harinya. Salah satu makanan yang wajib kita konsumsi tiap harinya yaitu serat.

Serat ini dapat membantu kita untuk menjaga saluran pencernaan. Ini fungsi yang benar-benar teringar oleh saya dari kecil, namun Hati-hati, kurang serat bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, kanker, dan lain-lain.

Ada empat tanda utama yang perlu diperhatikan saat Anda kekurangan serat.

#Sembelit
Bila Anda buang air besar kurang dari tiga kali seminggu, feses keras dan kering, Anda pasti sembelit. Sembelit juga bisa terjadi karena kurang olahraga dan pengaruh obat-obatan yang dikonsumsi. Cegah dengan menambah asupan makanan kaya serat seperti apel wortel, brokoli, dan biji-bijian secara bertahap. Jangan lupa banyak minum air dan berolahraga teratur.

#Berat badan bertambah
Serat membuat kenyang, tetapi tetap nyaman. Bila Anda tidak mengalami perasaan itu konsumsilah 25-35 gram serat per hari.

#Fluktuasi kadar gula
Bila Anda menderita penyakit diabetes melitus (DM) dan sulit mengontrol kadar gula darah, konsultasikan ke dokter. Ada kemungkinan Anda kurang serat. Coba tambahkan produk segar dan makanan tinggi serat ke dalam diet Anda.

#Mual terkait dengan diet
Konsumsi kalori yang sebagian besar diperoleh dari makanan tinggi protein atau rendah karbohidrat tidak hanya menaikkan kolesterol, tetapi juga membuat Anda lemah mual, dan lelah. Karena itu, tingkatkan asupan serat dan kurangi makanan berlemak.

Setelah baca yang diatas ini jelaskan klo tubuh memerlukan serat karena serat memiliki keunggulan bagi kesehatan tubuh. Karena serat mampu menjaga fungsi normal dan pencernaan. Serat diperlukan untuk memperlancar buang air besar, penting untuk metabolisme lemak, baik kolestrol dan trigliserida, serta kadar gula merah.

Berapa banyak si serat yang perlu kita konsumsi tiap harinya?

Setiap manusia memerlukan serat sekitar 25 gram perharinya. Namun kenyataannya rata-rata manusia masih kurang mengkonsumsi serat dalam jumlah yang cukup. Makanan yang mengandung serat antara lain, beras
mengandung 2,1 serat, jagung I,1 serat, kelapa
1,6 serat. Kacang-kacangan yang terdapat dalam tahu dan tempe, kacang panjang, buncis, kacang merah, kacang hijau mengandung 1,2 gram serat.

Sayuran seperti kangkung, wortel, terung, kol, buncis, bayam, nangka muda, pepaya muda, daun kelor, dan daun singkong mengandung 1,2 gram. Sementara buah-buahan seperti pepaya dan jeruk menyumbang 0,9 gram.

Nah klo makanan nabati ini masih kurang, jangan lupa sama yang ini ager-ager atau jeli. Konsumsi serat dalam bentuk jeli instant dalam bentuk dan warna lebih menggoda. Rasanya pun beragam. Mulai dari manis biasa, coklat, susu, serta rasa buah-buahan yang menyegarkan kan? Jeli ini tampil dalam bentuk pudding yang beraneka warna serta bentuk bisa pula dalam bentuk minuman. Semua sama nikmat dan menyegarkan hemm yummiiii…..

semoga bisa membantu kita untuk tetap sehat……

Advertisements

One Response to “Makanan Berserat”

  1. febriantara said

    buang aer gue suka keras bro..
    tapi tetep hampir tiap hari..duh harus sering makan sayur nih,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: